ATUM Institute Bicara Senandung Cinta Yusril : Bertasbih Dengan Politik Dan Seni-Budaya



 ATUM Institute Bicara Senandung Cinta Yusril : Bertasbih Dengan Politik Dan Seni-Budaya


Jabatan Tidak Pernah Masuk Ke Hatinya. Harta dan Tahta bagi Yusril tak lebih hanya sebagai batu tasbih yang dia pegang setiap hari untuk menyebut nama Tuhannya.


Ya. Berkali-kali Tawaran Jabatan ditolak Yusril. Mulai di berbagaia posisi Yudikatif, Menteri, Dubes dan lainnya. Anda juga tahu Yusril pun jadi Ketua Umum Partai Bulan Bintang dulu pernah dia tinggalkan dan enggan maju lagi meski tawaran maju untuk menang besar. Dua kali Muktamar PBB dia enggan ikut lagi. Baru sebagai Ketua Majelis Syuro PBB melihat eksistensi PBB Dimata tataran elite pasca Pemilu 2014 meredup. Ia akhirnya tampil lagi. 


Keakrabannya dengan Jokowi pun terasa jauh dari kesan formal. Hal-hal  begini urusan kecil bagi Yusril. Biasa didengar semua Presiden selama dia berkarir. Mulai Soeharto hingga Jokowi. Semua kerap mendengar pesannya. BJ. Habibie pun andai Yusril mau hadir waktu diundang, sudah jadikan dia menteri. Betapa BJ. Habibie membutuhkan Yusril, demikian Gus Dur dan Megawati yang membuat penegakan Hukum dan perundangan dimasa mereka harum. Demikian pula SBY. Nyaris Yusril jadi Wapres SBY kalau mau. Tapi saat cawapres, Yusril menyerahkan Ke Jusuf Kalla. 



Kekuasaan dan Harta hanyalah sekedar batu tasbih namun harus kita genggam agar menjadi Muslim berdaya dan penuh kemanfaatan. Yusril menganggap enteng semua itu semata karena mengabdi kepada Allah saja


Dalam Budaya


Yusril penikmat budaya sejati. Soal budaya China misalkan. Yusril jago betul bahasa China. Konon kalau ke politisi berdarah China pun Yusril pintar berbahasa China. 


Yusril juga penikmat lukisan. Banyak sekali lukisan di kantornya termasuk juga aneka guci di rumahnya


Soal seni peran. Dia juga jago. Dia membintangi Film Panglima Ceng Ho. Bupati Pasuruan yang saat ini juga Sekjen PB NU Syaifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul juga ikut membintanginya


Kesederhanaan


Dengan semua itu dia betul-betul menjadi pribadi yang sederhana. Dia biasa menyapu halaman rumah sendiri tak harus menyuruh pembantu. Belanja sendiri ke pasar misal cari ikan dan seterusnya.


Comments