Makna Filosofis Jaket Biru Kanda Menteri Baru


 Jakarta - Ada yang menarik perhatian saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan 6 menteri baru di kabinetnya. Tak hanya kemeja putih, para calon menteri juga tampil memakai jaket biru.

Pengumuman nama-nama menteri baru Jokowi ini digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2020). Jokowi mengumumkan langsung nama-nama menterinya.


"Bapak, Ibu, Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu, saya akan memperkenalkan satu per satu," kata Jokowi.






Menteri Sosial: Tri Rismaharini

Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno

Menteri Perdagangan: M. Lutfhi

Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin


Enam calon menteri itu tampil dengan busana yang sama. Mereka memakai kemeja putih seperti yang kerap dipakai Jokowi. Yang beda adalah jaket biru muda yang mereka kenakan.


Ternyata, ada filosofi di balik jaket biru tersebut. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Setpres Bey Machmudin mengatakan makna penggunaan jaket adalah berbahan nyaman dan melindungi dari basah jika kehujanan. Para menteri diharapkan bisa bekerja kapan saja.


"Jaket itu bahannya enak, lalu kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak membuat basah. Artinya, setiap orang yang menggunakan tidak masalah dalam cuaca apa pun. Jadi maksudnya, menteri kerja kapan saja dalam suasana kapan saja siap bekerja," kata Bey.




Warna yang dikenakan adalah biru. Bey mengatakan biru artinya segar dan cerah.


"Warnanya sih keren saja, eye catching, kapan harus tetap segar cerah, ceria, semangat," kata


Sandiaga mengatakan jaket biru yang diberikan kepadanya adalah pakaian kerja. Baginya, ada pesan di balik jaket itu.


"Ini baju (maksudnya: jaket) terima kasih. Bajunya pas banget saya rasa, simbolik. Ini baju kerja, terus karena musim hujan kita harus all weather. Kita harus siapkan kemungkinan terburuk tapi kita juga bersiap-siap untuk mengambil peluang terbaik. Jadi saya rasa lebih dari sekadar, jaket ini sebuah pesan yang bahwa kita harus kerja keras," ucap Sandiaga


Comments